Khutbah 28 Juli 2017 – Tentang Haji

Khutbah Jumat kemarin mengambil tema tentang Haji. Isinya berkisar anjuran mengenai keutamaan haji dan umrah serta anjuran untuk segera mendaftar haji atau umrah terutama bagi yang belum pernah melaksanakannya. Sesaat saya tersadar, kalau sebentar lagi akan memasuki musim haji. Idul Adha diperkirakan jatuh pada 1 September 2017.

Jika dihitung ada sekitar 4 kali khutbah Jumat sebelum Idul Adha nantinya. Rasanya seru jika khutbah jumat terkait haji ini, lebih divariasikan temanya. Jadi lebih luas ketimbang tema umum yang selama ini beredar di masjid-masjid. Ada beberapa tema yang terpikir :

  1. Aspek Ekonomi
    Sekitar tahun 2000an, ada sebuah artikel yang menceritakan mengenai dampak ibadah haji secara ekonomi. Di artikel yang ditulis oleh pak Syafii Antonio (kalau tidak salah), terlihat jelas aliran dana ibadah haji tersebut. Mayoritas masih mengalir ke negara lain karena porsi barang dan jasa yang dikonsumsi rata-rata merupakan kepemilikan asing. Kesimpulannya, beliau mengajak umat Islam Indonesia berfikir supaya semakin banyak porsi yang dilakukan oleh bangsa Indonesia.  Setidaknya mengurangi aliran devisa yang ke luar negeri. Sayangnya artikel aslinya masih belum berhasil saya temukan. Tema lain mungkin rencana pemerintah untuk mempergunakan dana haji dalam membiayai infrastruktur. Menarik sepertinya hehe.
  2. Aspek Sosiologis
    Ibadah Haji umum disebut sebagai ajang muktamar/silaturahmi umat Islam sedunia. Tidak heran, ibadah haji dibatasi oleh pemerintahan kolonial Hindia Belanda saat itu. Karena selain sebagai sarana pertukaran ide-ide yang progresif, sering pula dipergunakan untuk menggalang dukungan dari dunia Islam untuk perjuangan rakyat Indonesia. Saat ini, meskipun teknologi komunikasi sudah terbilang maju, rasa-rasanya kopi darat di tanah suci ada kunci.
  3. Aspek Logistik dan Mobilisasi Jamaah Haji
    Mengurus kenyamanan dan keamanan sekitar 1,8 juta jamaah haji (data tahun 2016) , tentu diperlukan manajemen logistik dan mobilisasi yang terencana dengan baik. Banyak hal yang bisa dipelajari dari perjalanan haji itu dan rasa-rasanya bisa menjadi informasi baru bagi jamaah shalat Jumat. Tentu saja perlu disampaikan dengan bahasa yang membumi.

Banyak pilihan tema lain untuk khutbah Jumat terkait ibadah haji. Yang terpenting adalah apa yang disampaikan merupakan hal yang dikuasai khotib, mampu dipahami oleh jamaah shalat Jumat dan semakin mendekatkan kepada kebaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *