Daftar Pabrikan Terminasi Kabel Tegangan Menengah

Terminasi kabel diperlukan untuk menghubungkan antara kabel dengan terminal bushing trafo ataupun terminal busbar panel/kubikel. Dari sisi lokasi penggunaan, dibedakan menjadi tipe luar ruangan (outdoor) dan dalam ruangan (indoor). Jika ditujukan untuk luar ruangan, umumnya jumlah siripnya lebih banyak ketimbang pemakaian dalam ruangan. Penambahan jumlah sirip ini ditujukan untuk menambah jarak bebas (clearance) terminasi tersebut.

Sedangkan dari teknologi yang dipergunakan, setidaknya ada dua jenis. Pertama tipe bakar/panas (heatshrink) . Teknologi ini cukup dominan hingga saat ini, pemasangannya terbilang mudah meskipun diperlukan kecermatan yang tinggi. Mengingat ada potensi terbentuknya gelembung udara (void) di selubung terminasi saat melakukan proses pembakaran. Void ini, seiring berjalannya waktu, dapat menjadi sumber kerusakan bagi terminasi maupun kabel tersebut. Jika sudah terbentuk void tersebut, tidak ada pilihan lain kecuali menggantikannya dengan terminasi yang baru. Teknologi yang kedua adalah teknologi dingin (coldshrink). Meskipun harganya lebih tinggi ketimbang yang teknologi panas, PLN terutama Distribusi sudah mempertimbangkan untuk migrasi ke teknologi dingin. Dengan pertimbangan untuk meminimalisir kemungkinan kesalahan dalam proses pemasangannya.

Selain kedua teknologi tersebut, ada teknologi lainnya yaitu plug ini. Dapat dikategorikan ke teknologi dingin meskipun secara fisik cukup berbeda. Berguna untuk terminasi dengan ruangan yang cukup terbatas seperti kubikel.

Cukup banyak pabrikan yang memproduksi terminasi tegangan menengah ini. Beberapa diantaranya, yang sering dipergunakan di Indonesia, saya tuliskan di bawah ini.

  1. Cellpack
    Teknologi panas, katalognya ada di sini
    Teknologi dingin, katalognya ada di sini
    Cellplux, katalognya ada di sini.
    Agen Tunggal untuk Cellpack di Indonesia dapa kontak ke Cellindo.
  2. Nexan
  3. Raychem
  4. Pfisterer
  5. 3M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *