Catatan di Negeri Johor – 1

Karena urusan pekerjaan, akhir pekan lalu saya dan beberapa kawan berkunjung ke Johor Bahru, Malaysia selama 3-4 hari. Beberapa hari sebelum berangkat, kawan yang sudah bertahun tinggal di sana, mengatakan kalau tidak banyak obyek wisata yang bisa dilihat di Johor. Karena Johor itu mirip Bekasi atau Karawang tetapi sepi penduduk.

Sepintas, Johor memang mirip Batam. Pembangunannya sedang berderap sangat cepat, karena terlihat banyaknya proyek konstruksi di berbagai tempat. Johor memang ditujukan untuk menarik investasi, terutama, dari Singapura. Terlihat dari dominannya kawasan industri, perumahan dan segala fasilitas pendukung yang tertata begitu terencana dan rapi.

Penduduk Singapura memiliki beberapa opsi transportasi untuk menuju Johor. Yang utama melalui jembatan yang menghubungkan Johor dan Singapura serta kapal feri. Menurut kawan, cukup banyak penduduk Singapura yang memiliki properti dan menghabiskan akhir pekannya di Johor. Dari sisi harga, barang-barang di Johor dijual dengan harga terbilang murah.

Biaya hidup yang terbilang rendah, juga menjadi penarik investasi selain program My Second Home yang dilaksanakan oleh pemerintah Malaysia dalam menarik investasi luar negeri.

Tampaknya otorita Batam perlu berpikir keras dalam memperebutkan kue investasi luar negeri di kawasan Asean ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *