Bubuk PVC

Apa yang terbayang saat mendengar kata polyvinil klorida alias PVC? Pipa, alat rumah tangga atau kabel? Untuk detail PVC bisa dibaca di tautan Wikipedia ini.

Beberapa waktu yang lalu, ada seorang kenalan yang bekerja di ujung barat pulau Jawa. Karena sama-sama bekerja di bidang kelistrikan, tentu obrolan pembuka mengenai sistem ketenagalistrikan di tempat kawan ini. Awalnya pabrik tempat kawan ini bekerja mengambil suplai daya listrik dari PLN. Tetapi, setelah beberapa lama, suplai daya dari PLN dirasa kurang memenuhi standar keperluan dan kualitas pabrik itu, akhirnya manajemen memutuskan untuk membangun pembangkit listrik sendiri. 

PLTU. Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Kapasitas terpasangnya lebih dari 100 MW. Batubara nya berasal dari Kalimantan. Keheranan muncul melihat begitu besar kapasitas pembangkit yang dibangun. 

Usut punya usut, pabrik ini memproduksi bubuk PVC yang akan dijual ke industri hilir PVC. Dan pabrikan ini selain beroperasi 24 jam, proses produksinya terbilang panjang, dari bahan baku hingga bahan setengah jadi (bubuk PVC). Salah satu bahan bakunya adalah garam yang diimpor dari Australia. Tidak dijelaskan secara detail, garam apa yang diimpor dan kenapa mereka memilih mengimpor ketimbang membeli produk garam lokal. Bisa jadi karena pertimbangan spesifikasi garam impor yang lebih sesuai kebutuhan mereka dan pertimbangan ekonomi tentunya. 

Mendengar penjelasan kawan ini, saya jadi teringat saat menyusup ke kuliah di teknik kimia bertahun lampau. Pak Tatang, dosen yang mengajar saat itu, menjelaskan kenapa Indonesia masih mengimpor garam meskipun dikenal sebagai salah satu negara dengan garis pantai terpanjang. Selain faktor curah hujan yang terbilang tinggi sehingga mengganggu proses produksi garam rakyat, Australia di sisi lain memiliki potensi tambang garam yang terbilang masif. Karena mereka cukup mengeruk saja dari tambang-tambang garam di seantero Australia.

Tentu menjadi tantangan bagi produsen garam lokal dalam menggantikan peran garam impor tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *