Berusia 1 Abad dan Tetap Beraktivitas

Tulisan ini tidak berisikan tips bagaimana berusia panjang dan tetap bisa beraktivitas secara normal. Tetapi rangkuman cerita seorang kawan saat sertifikasi beberapa waktu yang lalu.

Jadi, kawan saya ini berasal dari Enrekang, Sulawesi Selatan. Letaknya tidak jauh dari kabupaten Tanah Toraja. Lingkungannya pun tidak berbeda jauh, bertipe perbukitan dan pegunungan. Udaranya masih sangat bersih dan sejuk. Meskipun saat siang sudah tidak sedingin saat kawan ini masih kecil. 

Selain cerita tentang Enrekang, kawan ini bercerita tentang neneknya yang sudah berusia 118 tahun. Ya, anda tidak salah baca, usia yang disebutkan adalah 118 tahun, jadi kelahiran tahun 1899. Dan sampai saat ini masih melakukan aktivitas berkebun. Wow.

Salah satu cerita menarik adalah kisah tentang kerja paksa jaman kolonial Belanda membangun jalan antara Pare-Pare ke Enrekang. Suami si nenek ini alias kakek kawan saya ini, termasuk salah satu yang terkena kerja paksa ini. Meskipun labelnya kerja paksa, para pekerja lokal tetap mendapat upah dan suplai logistik seperti sabun dan makanan. Jenis makanan yang diberikan pun tidak berbeda jauh dengan yang dikonsumsi si mandor.  Sangat berbeda jauh dibandingkan dengan kerja paksa jaman Jepang.

Kembali ke judul, jika anda tetap penasaran mengenai rahasia usia panjang dan tetap bisa aktivitas normal, tolong tuliskan di kolom komentar. Mungkin akan saya tanyakan ke kawan saya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *