Berburu Buku Di Bookdepository

Saat kuliah di Bandung, rasanya hanya toko buku Elvira yang menjual buku-buku impor saat itu. Berlokasi di jalan Dago, tidak jauh dari plaza( planet ?) Dago. Saya mengenal toko buku ini dari buku teks ayah saya saat S2.

Saat sudah hijrah ke Jakarta, semakin banyak pilihan toko buku impor. Terlebih lagi dengan frekuensi terbang yang lumayan sering, Periplus menjadi salah satu tempat untuk menunggu panggilan masuk ke ruang tunggu. Pertimbangan harga menjadi salah satu hal yang beberapa kali menahan pembelian buku impor pilihan saat itu.

Alternatif yang terbilang murah adalah membeli dari toko buku online seperti Amazon. Akan tetapi opsi pembayaran via kartu kredit, saat itu saya hanya memiliki kartu kredit kantor, dan ongkos kirim dari AS ke Jakarta yang lumayan tinggi menyebabkan saya urung membeli buku dari Amazon atau toko buku lainnya. Ada alternatif lain yaitu situs booktrolley yang telah membuka cabang di Indonesia. Lagi-lagi harga yang terbilang tinggi memaksa saya berhitung lebih cermat lagi.

Dari forum goodread Indonesia, ada beberapa pembaca yang menuliskan pengalamannya membeli buku dari situs bookdepository.com.  Harga terbilang murah dan ongkos kirim yang gratis ke seluruh penjuru bumi cukup menarik minat untuk menjelajah ke situs tersebut. Selain koleksi yang terbilang lengkap seperti halnya Amazon. Faktor pemungkas adalah opsi pembayaran via paypal yang cukup memudahkan bagi orang-orang yang enggan menggunakan kartu kredit untuk pembayaran online.

Sampai saat ini sudah 3-4 kali saya membeli buku via bookdepository. Pembelian pertama, buku baru saya terima dalam hitungan 2 bulan. Tetapi pembelian kedua sampai lebih cepat sekitar 1 bulan dan pembelian berikutnya menjadi lebih baik sekitar 3 pekan. Memang tidak semua koleksinya dijual dengan harga lebih murah dari di Amazon. Dan BD tidak menyediakan versi buku bekasnya. Akan tetapi secara total biaya seringkali lebih murah daripada ke toko buku lain. Tentu saja dengan kompensasi kita harus menunggu sekitar 3-8 pekan dan bisa juga lebih, tergantung domisili masing-masing.

Tertarik untuk mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *